Minggu, 21 April 2013

FAKTOR-FAKTOR KEGAGALAN BAGLOG

FAKTOR-FAKTOR KEGAGALAN BAGLOG

      Ada beberapa faktor-faktor kegagalan baglog.Sehingga bisa menyebabkan kegagalan panen dan juga menimbulkan kerugian bagi si pengusaha. Dan mungkin ada sebagian dari teman-teman yang pernah mengalami kegagalan baglog dan belum tahu penyebabnya. Kali ini saya memberikan sedikit tentang faktor-faktor kegagalan baglog. Disimak yaaa....

1. Proses sterilisasi kurang maksimal, kurang dari 10 jam dan temperatur kurang dari yang ditentukan, tidak meratanya suhu didalam autoclap atau drum karena penyusunan baglog tidak tepat.
2. Kualitas bibit kurang bagus
3. Terlalu banyak butiran kasar pada kapur CaCo2
4. Penggunaan serbuk kayu yang mengadung kadar getah tinggi
5. Terlalu lama membiarkan baglog yang sudah di steril diluar (maksudnya baglog yang sudah selesai di sterilisasi dan didinginkan harus segera ditaburi bibit dan langsung inkubasi, dari proses sterilisasi selesai ke proses inkubasi maksimal 2x24 jam)
6. Ruangan inkubasi yang kurang steril dari baksil-baksil jamur liar, solusinya semprot dengan fungisida
7. Suhu ruangan yang terlalu panas dan terlalu dingin minimal 28°C dan maksimal 35°C, jika lebih atau kurang dari suhu tersebut maka bibit jamur akan terhambat perambatannya atau bahkan akan mati.
8. Kadar air terlalu tinggi

            Dari faktor-faktor kegagalan diatas, mungkin masih ada lagi faktor-faktor kegagalan baglog yang lain. Buat teman-teman yang lebih mengetahui tentang faktor-faktor kegagalan baglog, silahkan share disini. Semoga kita bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan. Trima kasihh......

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar